Nama Latin Kunyit (Nama Lain Kunyit)

 Feb, 14 - 2018   no comments   Tanaman Obat

Berikut ini adalah pembahasan tentang nama latin kunyit, nama ilmiah kunyit, nama latin kunyit putih, nama lain kunyit.

Nama Latin Kunyit (Nama Ilmiahnya)

Kunyit ( Curcuma longa /Turmeric )  adalah tanaman tahunan herba rhizomatous dari keluarga jahe , Zingiberaceae . Berasal dari benua India dan Asia Tenggara , dan memerlukan suhu antara 20 dan 30 ° C (68-86 ° F) dan curah hujan tahunan yang cukup banyak untuk berkembang

Curcuma longa /Turmeric
Nama Latin Kunyit (Nama Lain Kunyit)

Nama Lain Kunyit

Saat ini, kunyit banyak dibudidayakan di daerah tropis dan menggunakan nama yang berbeda di berbagai budaya dan negara . Di India Utara, kunyit biasa disebut “haldi,” sebuah kata yang berasal dari kata bahasa Sanskerta haridra , dan di selatan disebut “manjal,” sebuah kata yang sering digunakan dalam literatur Tamil kuno.

Nama kunyit berasal dari kata Latin terra merita (bumi berjasa), mengacu pada warna kunyit tanah, yang menyerupai pigmen mineral. Hal ini dikenal sebagai rayuan terre dalam bahasa Prancis dan hanya sebagai “akar kuning” dalam banyak bahasa. Dalam banyak kebudayaan, namanya didasarkan pada kata Latin curcuma .

Dalam bahasa Sanskerta, kunyit setidaknya memiliki 53 nama berbeda, termasuk anestha (tidak ditawarkan untuk pengorbanan atau homa), bhadra (menguntungkan atau beruntung), bahula (banyak), dhirgharaja (lama dalam penampilan), gandhaplashika (yang menghasilkan bau yang enak).

Kemudian gauri (untuk memperjelas ), gharshani (menggosok), haldi (yang menarik perhatian pada warna cerahnya), haridra (sayang hari ini, Krishna), harita (kehijauan),hemaragi (pameran warna emas), hemaragini (memberi emas warna), hridayavilasini (menyenangkan hati, menawan).

Jayanti (yang menang karena penyakit), jawarantika (yang menyembuhkan demam), kanchani (menunjukkan warna keemasan), kaveri (pelacur), krimighni atau kashpa (pembunuh cacing) kshamata ( moga ), laxmi (kemakmuran), mangalprada (yang melimpahi keberuntungan), mangalya (keberuntungan), mehagni (pembunuh lemak), nisha (malam), nishakhya (dikenal sebagai malam).

Nishawa (membersihkan kegelapan dan menanamkan warna) patwaluka (tepung wangi), pavitra (suci), pinga (coklat kemerah-merahan), pinja (bubuk kuning-merah), pita (kuning) pitika (yang memberi warna kuning), rabhangavasa (yang melarutkan lemak), ranjani (yang memberi warna).

Ratrimanika (secantik sinar bulan), shifa (akar berserat), shobhna (warna cemerlang), shiva (anggun), shyama (gelap berwarna), soubhagaya (lucky), survana (warna keemasan), survanavara (yang menampilkan warna keemasan), tamasini (indah seperti malam), umavara ( parvati , istri dewa diva).

Vairagi (yang masih bebas dari keinginan), varavarnini yang memberi warna yang adil), varna datri (penambah corak tubuh), varnini (yang memberi warna), vishagni (pembunuh racun), yamini (malam), yoshitapriya (kekasih istri), dan yuvati (gadis muda).

Khasiat Dibalik Nama Ilmiah Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang berasal dari tanaman kunyit. Hal ini biasa digunakan pada makanan Asia. Anda mungkin tahu kunyit sebagai bumbu utama kari. Ini memiliki rasa hangat dan pahit dan sering digunakan untuk memberi rasa atau warna bubuk kari, mustard, butters, dan cheese.

Tapi akar kunyit juga banyak digunakan untuk membuat obat. Ini berisi zat kimia berwarna kuning yang disebut kurkumin, yang sering digunakan untuk mewarnai makanan dan kosmetik .

Khasiat Ilmiah Kunyit Untuk Sakit Perut

Kunyit digunakan untuk arthritis , sakit maag (dispepsia), nyeri sendi , sakit perut , penyakit Crohn dan kolitis ulserativa , operasi bypass, perdarahan, diare , gas usus, perut kembung , kehilangan nafsu makan, penyakit kuning , masalah hati, Helicobacter pylori (H. pylori), sakit maag, sindrom iritasi usus besar (IBS), kelainan kandung empedu , kolesterol tinggi , kondisi kulit yang disebut lichen planus , peradangan kulit akibat perawatan radiasi , dan kelelahan.

Hal ini juga digunakan untuk sakit kepala , bronkitis , pilek, infeksi paru-paru, fibromyalgia , kusta, demam, masalah menstruasi, kulit gatal , pemulihan setelah operasi, dan kanker.

Kegunaan lainnya meliputi depresi , penyakit Alzheimer , pembengkakan di lapisan tengah mata (uveitis anterior), diabetes , retensi air, cacing, penyakit autoimun yang disebut lupus eritematosus sistemik (SLE), tuberkulosis , peradangan kandung kemih, dan masalah ginjal.

Beberapa orang menerapkan kunyit pada kulit karena sakit, kurap , keseleo dan bengkak, memar, gigitan lintah, infeksi mata, jerawat, kondisi kulit inflamasi dan luka kulit, rasa sakit di dalam mulut, luka yang terinfeksi, dan penyakit gusi .

Kunyit juga digunakan sebagai enema untuk orang dengan penyakit radang usus .

Dalam makanan dan manufaktur, minyak esensial kunyit digunakan dalam parfum, dan damarnya digunakan sebagai komponen rasa dan warna dalam makanan.

Jangan bingung kunyit dengan akar kunyit Jawa (Curcuma zedoaria).


Related articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Fields with * are mandatory.